Saturday 17 September 2011

Perubahan Selama Kehamilan (Bulan 1)

Saat janin berusia 1 bulan, Anda belum terlihat seperti orang hamil. Namun mungkin telah merasakan gejala-gejala tertentu, seperti terlambat datang bulan, lemas, danmorning sickness.
Pembuahan biasanya terjadi sekitar dua minggu setelah haid terakhir, di sekitar masa-masa setelah tubuh memproduksi sel telur. Hingga saat mencapai usia hamil 1 bulan, bentuk janin menyerupai kecebong yang kemudian akan berkembang menjadi bayi kecil di bulan-bulan berikutnya.


Bagaimana Pertumbuhan Janin?
Saat hamil 1 bulan atau 4 minggu, bayi menyerupai titik kecil dengan ukuran panjang sekitar 0,2 cm. Sementara sel-sel dalam embrio telah mengelompok untuk kemudian berkembang menjadi bagian-bagian tubuh.

Hamil 4 minggu
Embrio mulai berkembang dalam rahim. Sel-sel terluar mulai membentuk jaringan ke suplai darah sang ibu. Sementara sel-sel dalam terbentuk menjadi dua, lalu tiga lapisan yang masing-masing akan berkembang menjadi tubuh bayi, yaitu:

  • Endoderm: lapisan paling dalam yang terbentuk menjadi sistem pernapasan dan pencernaan, seperti paru-paru, usus, perut, dan kandung kemih.
  • Mesoderm: lapisan tengah yang berkembang menjadi otot, tulang, jantung, dan pembuluh darah.
  • Ektoderm: lapisan luar yang kemudian menjadi sistem saraf, otak, enamel gigi, kuku, lensa mata, dan kulit.

Dalam minggu ini, embrio melekat pada kantong yang mensuplai nutrisi ke janin. Pada beberapa minggu ke depan, fungsi ini kemudian akan digantikan oleh plasenta. Sel-sel plasenta yang berkembang pada dinding rahim ini menyediakan aliran darah yang memastikan agar janin mendapat cukup nutrisi dan oksigen.

Hamil 5 minggu

  • Pada masa ini umumnya wanita baru mulai menyadari bahwa mereka hamil karena terlambat datang bulan.
  • Sistem saraf bayi dan organ-organ utama mulai berkembang.
  • Terbentuk tabung hampa atau tuba neural sebagai perkembangan lapisan ektoderm yang kemudian akan menjadi saraf tulang belakang dan otak bayi. Kelainan pada bagian akhir tuba neural dapat berujung pada spina bifida atau cacat tabung saraf. Sementara kelainan pada bagian kepala tuba neuralmengakibatkan anencephaly atau kondisi ketika tempurung kepala tidak terbentuk dengan baik.
  • Jantung, pembuluh dan sirkulasi darah mulai terbentuk. Tali pembuluh darah penghubung bayi dan ibu akan berkembang menjadi tali pusat.




Hamil 6 minggu

  • Embrio mulai berbentuk sabit dan memiliki ekor sehingga terlihat seperti kecebong dengan kulit tipis yang tembus pandang.
  • Terbentuk tonjolan pada ujung tuba neural yang akan berkembang menjadi kepala dan otak.
  • Saat di-USG, jantung dapat mulai terlihat berdenyut.
  • Bakal kaki dan lengan mulai tampak.
  • Terdapat cekungan kecil pada kedua sisi kepala yang akan berkembang menjadi telinga. Juga terdapat permukaan yang menebal yang akan menjadi mata.
  • Jantungnya telah berdetak 150 denyutan per menit.
  • Kelenjar pitutiari yang melepaskan hormon mulai terbentuk.


Hamil 7 minggu

  • Embrio telah berkembang menjadi 10 mm.
  • Otak telah berkembang pesat sehingga membuat kepala bertumbuh lebih cepat dan berukuran lebih besar dibandingkan tubuh.
  • Embrio terlihat memiliki dahi berukuran besar dengan mata dan telinga bagian dalam yang terus berkembang.
  • Tulang rawan mulai terbentuk dan mulai berkembang menjadi tulang lengan dan kaki.
  • Sel-sel saraf mulai menggandakan diri dan berkembang menjadi sistem saraf.

Apa Saja Perubahan yang Terjadi pada Tubuh Ibu?
Di usia kehamilan 3 minggu, umumnya banyak yang belum menyadari bahwa dirinya hamil karena tidak merasakan gejala apa-apa. Namun sebagian wanita lain mungkin merasakan peningkatan volume cairan vagina, sedikit kram, sakit kepala, dan sakit punggung.

Saat hamil 7 minggu, rahim Anda telah berkembang menjadi seukuran lemon. Anda mungkin akan merasa lemas, mudah lelah, payudara terasa membesar dan nyeri, serta lebih sering ingin buang air kecil.

Sekitar 80 persen wanita hamil merasakan mual dan muntah di awal masa kehamilan atau sering disebut morning sickness. Positifnya, merasa mual di awal kehamilan merupakan pertanda bahwa hormon kehamilan dalam tubuh Anda cukup tinggi untuk mendukung kehamilan. Wanita yang mengalami mual di masa awal hamil lebih tidak berisiko mengalami keguguran daripada mereka yang tidak mengalami mual. Tapi ini tidak berarti bahwa wanita yang tidak mual tidak bisa mendapatkan kehamilan yang sehat. Selain itu, fluktuasi hormon juga menyebabkan perubahan emosi secara mendadak pada wanita hamil.

Apa Saja yang Perlu Diperiksakan?
Anda mungkin perlu mencoba menjalani pemeriksaan kehamilan dengan testpack lebih dari satu kali. Sebagian wanita perlu menunggu hingga 2-3 minggu setelah terlambat datang bulan untuk menantikan agar kadar hormon kehamilan meningkat dan kehamilan dapat terdeteksi. Setelah positif hamil, sebaiknya Anda dan pasangan segera berkonsultasi kepada dokter kandungan.

Morning sickness adalah gejala yang biasa dialami wanita di masa awal kehamilan. Biasanya berupa rasa mual dan muntah. Namun sebagian wanita merasakan gejalamorning sickness yang lebih parah dibandingkan yang lain hingga tidak mampu beraktivitas normal. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini dapat berujung kepada depresi. Mual di awal masa kehamilan juga dapat menjadi sangat parah hingga menjadi hyperemesis gravidarum (HG) atau muntah berlebihan di masa kehamilan.

Situasi ini ditandai dengan frekuensi muntah yang tinggi, tidak dapat makan dan minum serta penurunan berat badan. HG juga dapat berpengaruh kepada kesehatan bayi. Oleh karenanya, jika mual dirasa sudah sangat mengganggu, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan tepat.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?
Berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan dan perlu dihindari pada usia kehamilan 4-7 minggu.

  1. Jika morning sickness tidak terlalu mengganggu, terus aktif berolahraga dapat membuat tubuh tetap bugar. Pilih olahraga yang sesuai di masa kehamilan.
  2. Ingatlah bahwa janin Anda akan ikut mengonsumsi dan mendapat dampak dari semua yang Anda konsumsi. Hindari rokok, kafein, obat-obatan terlarang, minuman keras, dan makanan mentah yang dapat berbahaya bagi janin.
  3. Konsultasikan juga obat-obatan bebas yang ingin Anda konsumsi untuk menangani penyakit ringan, seperti sakit kepala dan flu.
  4. Perubahan gaya hidup seperti menghindari rokok dan minuman keras juga berlaku bagi pasangan Anda. Asap rokok yang dihirup ibu hamil dapat berdampak buruk bagi janin.
  5. Suplemen asam folat dengan dosis 400 mikrogram sebaiknya dikonsumsi semenjak mencoba untuk hamil hingga 12 minggu usia kehamilan .
  6. Perubahan dalam rahim dan perubahan fisik ibu hamil dapat membuat tubuh cepat lelah. Pastikan Anda mendapat istirahat cukup tiap hari.
  7. Meski belum banyak perubahan yang tampak pada tubuh Anda pada masa hamil 1 bulan, namun sebenarnya di usia ini begitu banyak perubahan yang sedang terjadi di dalam rahim. Pada usia kehamilan 8 minggu nanti, volume darah dalam tubuh akan meningkat 40-50 persen. Sementara bakal anggota tubuh akan makin nampak pada embrio.


Referensi:
http://www.alodokter.com/hamil-1-bulan-perubahan-hormon-dan-morning-sickness

No comments:

Post a Comment

Hai, silakan berekspresi di kolom komentar ini!